Tips Belanja Online Yang Wajib Diingat

Saat ini orang lebih suka belanja online dibandingkan dengan belanja langsung ke mall atau pertokoan. Disamping karena praktis,belanja online juga bisa menghemat waktu dan banyak pilihan.

Tetapi tahukah kamu bahwa ketika kita belanja online juga harus paham resikonya. Hal ini dikarenakan kita tidak bertemu secara langsung antara pembeli dan penjual. Kita hanya melihat barangnya saja melalui foto yang di uplod.

Oleh karena itu dibawah ini ada beberapa tips yang harus kita perhatikan pada saat berbelanja Online :

Pastikan online shop yang dapat dipercaya

Saat kita berbelanja online pastikan kita membeli di online shop yang terpercaya. Caranya yaitu dengan melihat review dan testimoni dari pembeli.

Review tersebut bisa dibaca melalui toko online tersebut. Saat kita ingin membeli barang di toko online tersebut,bacalah terlebih dahulu reviewnya dari pembeli. Pastikan bahwa yang berbelanja barang di toko tersebut testimoninya bagus-bagus, dan tidak ada keluhan baik mengenai customer servicenya maupun barang yang dibelinya.

Review toko juga bisa dilihat di google dan yahoo yang biasanya tetdapat pada diskusi belanja online ataupun media sosial.

Bacalah dengan cermat kebijakan yang di berlakukan oleh situs berbelanja tersebut

Jangan abaikan peringatan tentang “syarat dan ketentuan” yang ada pada toko tersebut. Ini penting agar saat kita berbelanja di toko tersebut, ternyata barangnya rusak dan ingin retur barang tersebut sehingga kita tahu ongkos kirimnya ditanggung oleh siapa,begitu juga dengan aturan yang lainnya. Jadi jangan abaikan syarat dan ketentuan di toko online tersebut.

Waspada dengan harga barang yang sangat murah

Di toko online banyak sekali yang menjual barang bermerk dengan harga yang sangat murah. Sebaiknya kita jangan tergiur dulu dengan harga yang murah tersebut. Sebaiknya lakukan beberapa hal berijut ini :

 

  • Walaupun harganya murah tetapi kita jangan tergesa-gesa dalam memberikan data pribadi kita

  • Sebaiknya cermati terlebih dahulu barang-barang yang mereka tawarkan

  • Selanjutnya adalah kita bisa melakukan survei terlebih dahulu terhadap barang tersebut di toko online lain

Baca deskripsi produk yang akan dibeli

Ini penting sekali dilakukan agar kita tidak salah persepsi mengenai barang yang akan kita beli cermati deskripsi produk tersebut sampai kita benar-benar paham. Apabila ada yang kurang paham maka kita bisa menanyakan hal tersebut kepada pembelinya langsung melalui nomor wa yang tertera.

Pilih cara pembayaran yang aman

Saat kita melakukan belanja online cara yang paling aman untuk melakukan pembayaran adalah dengan COD, atau jika tidak menyediakan COD maka bisa menggunakan rekening bersama.

Caranya yaitu dengan mentransfer pembayaran melalui perantara dan jika barang sudah sampai ditangan pembeli maka perantara yang akan membayar ke penjual.

Sebaiknya kita jangan melakukan pembayaran melalui transfer terlebih dahulu sebelum barang dikirim kecuali jika online shop tersebut benar-benar bisa dipercaya. Biasanya online shop yang baik adalah menggunakan rekening perusahaan pada saat melakukan transaksi.

Hampir semua online shop menggunakan fasilitas kartu kredit sebagai alat untuk pembayarannya. Dikarenakan saat ini sedang marak pencurian nomor kartu kredit oleh karena itu gunakan VCC ( virtual credit card) yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan terpercaya.

Simpanlah bukti transaksi

Biasanya online shop mengirimkan bukti transaksi barang yang sudah dikirim melalui email. Sebelum barang yang kita pesan sampai ketangan kita maka usahakan semua bukti pembayaran dan bukti pengiriman barang tersimpan rapi.

Gunakan komputer sendiri dalam bertransaksi

Sebaiknya pada saat berbelanja online sekaligus pembayarannya usahakan gunakan komputer sendiri. Ini agar data-data kita tidak disalah gunakan oleh orang lain. Atau kalau tidak gunakan smartphonne milik pribadi.

Beli sesuai kebutuhan

Sebaiknya sebelum melakukan belanja online, kita  harus tahu terlebih dahulu tentang kebutuhan barang yang akan kita beli. Hindari membeli barang sesuai keinginan kita. Karena jika menuruti keinginan kita maka akan banyak sekali barang-barang yang akan dibeli. Dan ini belum tentu sesuai dengan anggaran yang kita miliki.

Mintalah foto asli barang ketika kita akan membeli barang di toko tersebut

Hal ini dilakukan agar kita tidak kecewa saat membeli barang tersebut. Karena di toko online banyak sekali yang menjual barang sama tapi harganya berbeda jauh. Oleh karena itu usahakan kita meminta foto asli untuk meyakinkan kita bahwa barang tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. Jangan terlalu mengandalkan foto yang kita lihat di website atau toko online tersebut.

Adukan masalah transaksi yang tidak sesuai

Ini penting karena jika kita ada masalah dalam bertransaksi maka kita bisa langsung melaporkan kepada penjual langsung.

Ada beberapa seller yang saat ini memiliki bagian khusus untuk menangani masalah tentang pengaduan dari konsumen.

Pengaduan ke seller langsung penting dilakukan oleh pembeli karena biasanya antara seller dan pembeli komunikasinya tidak berjalan dengan baik, sehingga pemahaman pembeli terhadap barang tersebut masih minim.

Tanyakan Jasa Pengiriman Yang Digunakan

Jika kamu ingin belanja online pasitkan penjual menggunakan jasa pengiriman mana, agar kamu dapat mempermudah cek resi bukti pengiriman tersebut. Atau jika kamu memesan barang dengan jumlah yang sangat banyak kamu juga bisa tanyakan apakah penjual dapat mengirim barang menggunakan Truck dispatch Services atau tidak. Karena jika kamu menggunakan ekspredisi seperti JNE/Tiki/POS atau J&T atau lainnya pasti ongkos kirim akan sangat mahal, jika kamu tidak menyakan hal ini ketika kamu membeli barang dalam jumlah yang banyak dan sangat berat.

Itulah beberapa ha yang harus diperhatikan dalam berbelanja online. Kita harus benar-benar hati-hati apabila kita akan melakukan belanja Online untuk pertama kali. Hal ini dilakukan agar kita tidak kecewa setelah melihat barang secara langsung disamping itu juga agar kita nyaman dalam berbelanja di toko tersebut.